Sunday Market - 1

Sunday Market Merupakan Sebuah Pasar Berkonsep Yang Menggabungkan Empat Elemen Di Dalamnya. Empat Elemen Itu Yaitu Fashion, Musik, Seni Dan Kuliner. Market Ini Mewadahi Kreativitas Para Muda Surabaya Untuk Mengembangkan Karya Dan Usahanya. Archproject Berkesempatan Untuk Bekerjasama Dengan Sunday Market Dalam Beberapa Bentuk.


Penulis

Brigita Larasati

Tanggal

30/11/2018

Kategori

Exhibition



Centipede cinema Pada kesempatan kolaborasi ini, Archproject membuat sebuah instalasi berupa mini-cinema. Instalasi ini memberikan pengalaman menonton yang berbeda dengan bioskop atau misbar konvensional. Archproject hadir dengan Kinescape: Centipede Cinema Kinescape berkapasitas dari 1-6 orang, penonton bisa membawa rombongan atau nonton sendiri. Penonton diajak masuk dan menonton film pendek berdurasi sekitar 5-7 menit. Cara masuk Kinescape mudah saja,t idak perlu registrasi yang ribet, cukup dengan follow IG, pengunjung dapat merasakan ber- Kinescape bersama. Setelah itu memilih genre film pendek yang akan ditonton. Kinescape mempunyai 6 genre film pendek yaitu romansa, animasi, arthouse, horror, reliji, dan arsitektur. Setelah memilih, pengunjung memasuki Kinescape dengan hati-hati, setelah itu baru di dalam menonton film dengan sound dan visual yang memadai.



Selama tiga hari di Sunday Market, sekitar 300 orang datang mengunjungi Kinescape. Banyak respon positif yang didapat dari para pengunjung. Dari pemilihan film hingga cara masuknya bagi mereka merupakan sesuatu yang baru. beberapa berkomentar bahwa konsep dari Kinescape “bagus dan menarik untuk dikembangkan” Dalam pemilihan genre, yang paling banyak dipilih penonton adalah genre dan reliji. Saat menonton horror, banyak teriakan terdengar dari dalam Kinescape. Kata salah seorang pengunjung, film yang ditmapilkan bagus dan banyak makna tersirat di dalamnya. Begitulah, pengalaman menonton masing-masing pengunjung. Photobooth Selain mini-cinema, Archproject juga membuat desain photobooth untuk Sunday Market. Seperti memotong bagian kecil dari Surabaya dan menaruhnya dalam ukuran 3x4, photobooth ini menampilkan bangunan tua dan ikonik di Surabaya. Banyak pengunjung yang datang dan berfoto asik di sini.




x Hand Meet Hand Tidak berhenti pada mini-cinema dan photobooth, Archproject juga bekerjasama dengan Hand meet Hand mengisi materi workshop tentang video branding. Hand Meet Hand adalah salah satu unit dari Surabaya Youth yang berkonsentrasi di bidang workshop. Momen ini sangat tepat ketika Hand Meet Hand mempertemukan mbak fidel dengan archproject kali ini. Pembahasan workshop mengenai video branding sangat menantang saat bersinggungan dengan arsitektur. Bagaimana menabrakkan branding dengan arsitektur.




Bagaimana jika dasar-dasar dari sebuah desain diimplementasikan dalam sebuah video. Seperti memperhatikan dimensi dapat menciptakan suasana kedalaman dari sebuah video atau gambar itu sendiri. Meletakkan objek di antara foreground dan backgroudnnya akan membuat dimensi dalam video itu. Yang kedua adalah, memperhatikan skala dapat menimbulkan kesan ruang itu menjadi sempit atau terasa semakin luas. Semakin kecil objek dan semakin banyak posrsinya kesan ruang yang diberi akan terasa semakin luas dan sebaliknya. Yang terakhir, memperhatikan proporsi akan mencapai keseimbangan pada gambar. Keseimbangan bisa dicapai melalui komposisi gambar atau komposisi penataan scene. Jadi gambar itu nyaman dilihat, tidak terasa berat pada salah satu sisi. Hasil workshop berupa video branding tentang labels yang ada di Sunday Market. Video-video tersebut ditayangkan di Kinescape di setiap sesi pemutaran. Begitulah kolaborasi Archproject dengan Sunday Market, nantikan kolaborasi kami selanjutnya.